Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alami Melancarkan Haid

Cara Alami Melancarkan Haid _ Pengertian Haid Atau Menstruasi
Haid atau mestruasi adalah keadaan normal wanita sebagai siklus bulanan,berupa keluarnya darah dari Rahim setelah ovulasi secara berkala yang disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium Rahim (Bobak,2004).Siklus ini dipengaruhi oleh naik turunnya kandungan hormone selama satu bulan.Dengan siklus ini maka tubuh wanita setiap bulan,siap untuk hamil.Jika tidak terjadi kehamilan maka lapisan dinding Rahim akan meluruh.Mesntruasi ini pertama kali muncul pada wanita pada usia antara 11 – 14 tahun yang disebut menarche dan menstruasi ini akan berhenti pada saat menopause kira – kira pada usia 51 tahun.Menstruasi ini terjadi kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari dengan siklus perbulannya berbeda – beda,pada wanita dewasa siklus akan terjadi antara 21 – 35 hari,sedangkan pada remaja dapat terjadi antara 21 – 45 hari.


Nyeri Haid

Proses menstruasi dibagi menjadi beberapa fase :
1.Pada hari 1 adalah hari pertama keluarnya darah mens.
Kejadian ini muncul setelah hormon turun secara drastis pada akhir siklus sebelumnya;
2.Hari ke 7 biasanya perdarahan berhenti.
Pada saat ini,hormon mulai meningkat kembali yang mengakibatkan kantung berisi cairan (folikel) mulai berkembang pada ovarium.Di dalam kantung tersebut terdapat juga sel telur;
3.Antara hari ke 7 dan 14,1 folikel akan bekembang dan menjadi matang,selain itu lapisan rahim menjadi menebal,menunggu sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan tersebut;
4.Kira – kira pada hari ke 14 (untuk siklus 28 hari) terjadilah ovulasi dimana folikel matang mengeluarkan sel telur dari ovum;
5.Selama beberapa hari,sel telur berjalan kearah rahim melewati tuba falopi.Jika sel telur ini dibuahi di tuba falopi maka akan menempel di Rahim;
6.Jika telur tidak dibuahi, hormon akan turun kembali yaitu kira – kira pada hari ke 25.Dengan tanda ini maka siklus menstruasi akan mulai kembali.

Penyebab haid tidak lancar :

Stress

Salah satu bagian otak yaitu hypothalamus sangat terpengaruh oles stress.Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid.Maka dari itu ketika Anda mengalami stres maka tentu saja akan memberikan dampak pada kelancaran haid Anda.

Penyakit

Haid yang tidak lancar dan tidak teratur bisa saja disebabkan oleh penyakit seperti jamur.Bisa saja karena jarang haid malah mengakibatkan tumor.
Penurunan berat badan yang drastis
Anda dalam program diet atau berat badan turun dengan drastis?Hal ini bisa memberikan dampak pada jadwal haid Anda.Hati-hati,Anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

Tiroid

Penyebab haid tidak lancar bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda.Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher,mengatur metabolisme tubuh Anda.Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya.Tetap,ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid,maka hal ini dapat berpengaruh pada jadwal haid.

Hormon tidak seimbang

Hormon yang tidak stabil atau seimbang juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar.Tentu saja hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerjasama antara otak,kandung telur,kelenjar di otak,serta kelenjar tiroid.Bila salah satu komponen tersebut tidak beres,maka jadwal haid akan terganggu.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini,ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar.Hal ini berguna bagi Anda yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.


Makanan dan tips obat alami tradisional untuk melancarkan haid yang telat atau terlambat 10 hari  - 2 bulan bisa juga dibuat jamu agar tidak perlu menggunakan obat dari apotik :


Jus wortel

Wortel memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C,kalsium dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

Daun pepaya

Daun pepaya,meski sebagian orang tidak suka karena rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh.Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A,B,C,D dan E serta kalsium.
Cara melancarkan haid dengan daun kelapa adalah meminum air rebusannya.Yang Anda perlukan adalah merebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral.Rebus hingga air tinggal satu gelas saja.Minum ramuan tersebut.Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.

Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri,anti-jamur dan anti-virus.Juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh.Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai cara melancarkan haid.

Kunyit

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja.Sering kita temui bahwa jamu tradisional terbuat dari kunyit.Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin.Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan.Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit.Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri,vitamin A,B2,B2,c,karbohidrat,serat,lemak,kalsium,zat besi,sodium,fosfor dan niasin.Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami.Rajinlah meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

Gaya hidup sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga.Namun juga Anda perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok,minum minuman beralkohol,minum kopi berlebihan dan begadang.Hal-hal tersebut telah terbukti dapat mengganggu jadwal hai pada perempuan.

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Agar asupan gizi tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu,tentu Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi.Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa lancar.

Istirahat teratur

Dengan istirahat yang cukup,hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres,dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

Rajin berolahraga

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh.Anda tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah.Lakukan saja yang mudah seperti jogging,jalan kaki,bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah,sehingga haid pun lancar.

Rajin minum air mineral

Cara melancarkan haid yang mudah tentu saja adalah dengan rajin dan teratur meminum air mineral.Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh.Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh,maka haid akan turut lancar pula.

Cara Alami Melancarkan Haid dari Ramuan Tradisional.